Ricoh Theta V: Kamera 360 Pertamaku

Sejak saya menjadi local guides di akhir tahun 2016 lalu aktif di komunitas Local Guides di tahun 2017 saya mulai mengenal camera 360. Bagi saya waktu itu wow banget, kita bisa memotret bukan hanya satu sisisaja, tetapi 360 derajat. Bisa kelihatan depan, belakang, kanan, kiri, atas, bawah, semuanya deh. Apalagi saat teman-teman localguides mulai share foto-foto tiny panet, tambah bikin saya terkagum-kagum pada hasil jepretan kamera 360.

Sebenarnya kita juga bisa membuat foto 360 dengan menggunakan handphone dan menggunakan aplikasi Street View. Tetapi hasil fotonya nggak rapi, terkadang sambungannya terlihat jelas. Hal itu jelas bikin saya kurang sreg. Bagaimanapun juga foto adalah sebuah karya, bukan hanya sekedar mengejar status Strusted Photographer.

Lalu mulailah saya melihat-lihat kamera 360 yang ada di pasaran dan yang direkomendasikan oleh teman-teman street view. Harga Kamera 360 bervariasi mulai dari 2 jutaan sampai berpuluh-puluh juga (ini sih yang dimiliki Google)

Sampai akhirnya di Bulan Oktober 2018 saya berkesempatan diundang oleh Google Local Guides untuk menikuti Connect Live di San Francisco, California. Connect Live adalah pertemuan local guides terbesar di seluruh dunia, dan forum ini resmi diselenggarakan oleh Google.

Di hari terakhir, saat kami mengunjungi Mountain View, Google membagikan swag (bingkisan) dalam tas berwarna hitam. Dan setelah dibuka ternyata isinya adalah Camera 360 Ricoh Theta V! OMG senang sekali rasanya karena ini masuk dalam list barang yang saya inginkan.

Dan sejak saat itu jadilah saya seorang Street View

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *